Selasa, 12 September 2017

Puisi: Hatiku Selembar Daun



Hatiku selembar daun melayang
jatuh di rumput;

nanti dulu, biarkan aku sejenak
terbaring disini

ada yang masih ingin kupandang,
yang selama ini senantiasa luput;

sesaat adalah abadi sebelum
kausapu tamanmu setiap pagi

 ~Sapardi Djoko Damono~



P.S: 
Semoga di kolom komentar gak ada yang nanya, "ada analisisnya pake pendekatan semiotika riffatere gak?"
Sumpah, cyiinn... eyke udin lupita itu analisis gitu-gitu... padahal dulu pas kuliah Teori Puisi dapet nilai A sih. wkwkwk... 


Rabu, 06 September 2017

MisahMisuh



Berawal dari kuping yang gatel karena denger cah kost depan kamar kok enteng banget misah misuh, ini mulut jadi ikutan gatel pengen misuh, dan tangan juga ikutan gatel pengen nulis.

Ceritanya lagi semedi di kamar kost berusaha mengumpulkan segenap konsentrasi dan pikiran demi mengembalikan serpihan kenangan tentang tesis yang sudah begitu lama aku tinggalkan *apasih, Des!*. Lha kok kamar depan berisik banget, ngobrol kenceng, cekikikan, gludakan. Masih maklum laaahh.. namanya juga lagi ngumpul sama temen. Tapi kok lama-lama risih juga, awalnya terdengar sayup-sayup kata-kata “anj*ng!” lama-lama suaranya makin kenceng dan tegas. Dan berulang-ulang. Saking penasarannya, aku sempetin ngitung dalam satu menit dia (atau mereka?) ngucapin kata “anj*ng” itu sebanyak 6 kali. Kalau satu menit itu ada 60 detik, berarti setiap 10 detik kata-kata itu muncul.  

Kaget donk gue! Ampun dj... Dunia terbalik ustaaaddzzz!!! (kalo kata Uwa Saum Sinetron Dunia Terbalik)

Bukan berarti aku sok suci gak pernah marah, gak pernah misuh. Tapi liat sikon juga donk adek adek. Kalian harus tau bahwa jauh sebelum kalian lahir, orang jaman dulu juga sudah mengenal ungkapan misuh. Tapi misuhnya yang enak di kuping. Misuh terselubung. Sering denger orang Jawa misuh dengan kata “asem/asyem”? Naahh mbok pikir kata itu tercipta karena buah asem, wit asem, atau sayur asem? Bukaaaannn... itu plesetan dari kata “asu” sama artinya dengan “anjing”. Kenapa ndadak diplesetin? Ya biar tetep bisa misuh tapi gak menganggu pendengaran orang lain. Kalo kurang mantep, bisa kok ditambahin penekanan misalnya jadi “uasyeeemmm”.

Jadiii... daripada terang-terangan bolak balik manggil “anjing” yang jelas-jelas di kost gak ada yang miara anjing, bisa kok diplesetin jadi “anjrit”, “anjrot”, atau yang paling kekinian, “anjaaayyy”. Atau kalo keukeuh pake kata "anj*ng"  tanpa di sensor biar gak mengurangi level pisuhan, le misuh ki ojo nganti krungu wong liya, cukup dalam hati wae, utawa mbok tulis nganggo huruf kapital... tapi nang bathukmu.

Paham ra kowe? Nek ra paham yo kebangetan. Jigur tenan og!