Senin, 12 Juni 2017

Kapan Mudik?

Dua minggu menjelang Lebaran, obrolan seputar mudik mulai rame mengudara. Ada yang lega udah dapet tiket mudik dan udah pasti jadwal liburnya, ada juga yang galau kehabisan tiket kereta dan terancam mudik naik bus yang insyaallah terkena macet hahaha. Ada yang lebih galau lagi sih (kisah nyata sahabatku) mobil udah ready buat pulang kampung, oleh-oleh buat sanak saudara, tetangga, dan teman-teman sudah dipacking, baju udah siap semua, tapi belum tau suaminya dapet liburnya mulai kapan. Ya maklum kalo kerjaan yang berhubungan sama melayani umat emang harus siap mengesampingkan kepentingan pribadi.

Gimana rasanya dan sensasinya pulang kampung sih kebetulan aku belum pernah ngerasain. Yang aku inget cuma dulu pas lebaran tahun 1997 aku sekeluarga pulang kampung ke rumah simbah di Purworejo. Kebetulan waktu itu kami masih tinggal di Bekasi. Lebaran tahun berikutnya, tahun 1998, kami malah sudah menetap di Purworejo. Jadi gak ngerasain pulang kampung lagi deh. Momen pulang kampung tahun 1997 itu cukup membekas di hati sih. Waktu itu kami pulang kampung bareng-bareng sama paguyuban warga di perantauan. Orangnya gak banyak sih, cuma satu bus hehehe. Nah kami berangkat hari terakhir puasa. Tapi waktu itu kebetulan lebarannya beda-beda. Jadi pas mau berangkat ada beberapa wilayah yang udah Shalat Ied. Tapi sebagian besar dari kami yang mudik ini masih puasa sih. Kami berangkat dari Jakarta habis subuh, diperkirakan malam takbiran sudah sampai di Purworejo. Tapi ndilalah ya macet lah di jalan. Ngerasain takbiran bareng-bareng di dalam bus, sensasinya luar biasa 😅. Kami sampai di kampung halaman sekitar tengah malam. Bus diparkir di lapangan dekat jalan karena gak bisa masuk ke dalam gang. Akhirnya kami jalan kaki dari jalan raya menuju rumah masing-masing yang kebetulan memang berdekatan. Tengah malam, jalan kaki lewat mbulak yang gelap gulita, sandalnya ditenteng karena tanahnya becek, sambil rempong bawa tas-tas dan kardus, aahh... luar biasa pokoknya!

Lebaran tahun berikutnya gak ngerasain mudik karena malah udah pindah tinggal di Purworejo.

Nah lebaran tahun 1999 ngerasain mudik lagi. Tapi kali ini kebalikannya. Kalo pada umumnya orang-orang mudik dari kota ke desa, kalo kami justru dari desa ke kota. Kami memang mau merayakan lebaran di Jakarta, di rumah orang tuanya Ibu. Agak samar-samar sih, yang aku inget cuma kami ke Jakarta naik bus Sumber Alam dan juga terjebak macet. Total waktu perjalanan Purworejo-Jakarta waktu itu sekitar 33 jam. Wow!

Setelah itu gak pernah ada acara mudik-mudik lagi karena simbah yang di jakarta meninggal 3 tahun kemudian.

Ndialalah aku kuliah juga cuma di Jogja, jadi kalaupun mau lebaran pulang ke rumah gak berasa banget mudiknya. Ya iyalah, tinggal naik motor satu setengah jam nyampe, sangu duit lima puluh ribu udah turah-turah. Hahaha...

Ada yang bilang, “merantaulah, maka kau akan tau betapa mahalnya tiket pulang, dan betapa nikmatnya perjalanan mudik”

Belum tau sih nantinya bakalan berkesempatan ngerasain mudik atau gak. Mungkin aja nanti kalo kerja di luar kota yang agak jauh dari Purworejo gitu kan juga ngerasain mudik. Mungkin juga mengikuti suami kerja dimana gitu #eh suami 😍😍😍😍😍

Bisa juga kalo emang rejeki kerjaan dan jodohnya ada di sekitaran Purworejo aja juga gak papa sih gak ngerasain mudik, cukup ikutan pusing liat berita di tipi dan ikutan emosi karena jalanan Purworejo yang biasanya damai dan lengang berubah jadi macet dan semrawut.

Tidak ada komentar: