Minggu, 15 April 2012

Sunday Morning UGM

Pernah mendengar instilah sunmor ( Sunday morning ) ? Mungkin bagi mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta dan penduduk Yogyakarta sendiri istilah ini tidak asing , sunmor atau bisa juga disebut minggu pagi UGM merupakan pasar dadakan yang biasanya berlangsung dari jam 5 pagi sampai jam 11 siang tiap hari minggu, sunmor ini berlokasi di sebelah timur gedung fakultas D3 ekonomika dan bisnis UGM di daerah sagan, bulaksumur , hingga daerah Lembah UGM Yogyakarta.



Pada hari minggu pagi, jalan yang biasanya ramai oleh arus lalu lintas tiba tiba berubah menjadi pasar yang ramai dipadati pengunjung, di sunmor tersedia aneka barang kebutuhan sehari hari mulai dari sarung bantal, seprei, baju, celana, rok, jilbab, pakaian dalam, perlengkapan ibadah, hiasan rumah, mainan anak - anak, obat obatan, tanaman hias, binatang peliharaan seperti ( hamster, ikan hias, kura kura ), alat alat pertukangan, aksesoris ( seperti : kalung , cincin, softcase laptop, casing mobile phone, bros, gantungan kunci ), lalu ada juga tas wanita, dompet,  tas ransel, sepatu, sandal, serta warung makan yang lengkap sekali menyediakan aneka makanan dan minuman bahkan ada yang jual jamu juga, selain itu biasanya ada pertunjukan topeng monyet juga lho…hii…hiii….serta masih banyak lagi.

Tiap minggu daerah ( sunmor ) ramai dikunjungi, jalan raya nya menjadi agak macet dan jalan kearah utara di sebelah timur fakultas ekonomi di tutup karena dijadikan arena berjualan, berbelanja di sunmor adalah hal yang menyenangkan karena tersedia banyak sekali pilihan barang yang ada harganya pun tergolong relatif murah, sehingga cocok bagi kantong mahasiswa. Oleh karena itu, jika kita berkunjung di sunmor kita akan melihat sebagian pengunjung adalah mahasiswa yang berkuliah di Yogyakarta.

Percaya ato gak, selama (hampir) lima tahun saya kuliah di UGM Jogja, belum sekalipun saya datang "berkunjung" ke Sunmor ini. Masalahnya, rumah saya di Purworejo yang hanya berjarak 60 km dari Jogja dan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 90 menit dengan sepeda motor, memungkinkan saya untuk selalu pulang ketika akhir pekan *alibi*. hehehe...

Tapi saya sudah berniat kok, nanti sebelum saya lulus dari UGM, saya akan menyempatkan, barang sekali, berbelanja sekaligus berwisata kuliner di Sunmor UGM. Cheeerrrsss... ^_^v

Tidak ada komentar: